Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / MAKANAN / Gagal Panen, Para Petani Cabai Alami Kerugian Hingga Puluhan Juta Rupiah

Gagal Panen, Para Petani Cabai Alami Kerugian Hingga Puluhan Juta Rupiah

Para petani cabai harus mengalami kerugian puluhan juta rupiah lantaran gagal panen akibat dari cuaca buruk. Hujan deras yang terus menerus mengguyur dalam beberapa bulan ini, membuat tanaman cabai yang dimiliki oleh para petani di Desa Damai, Kec. Tanralili, Kab. Maros, Sulsel mengalami kerusakan serta busuk.

Hal ini berakibat petani merugi sampai puluhan juta rupiah. Tidak hanya cuaca buruk, serangan dari hama juga menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan para petani cabai gagal panen. Untuk dapat mengantisipasi kerugian yang jauh lebih besar lantaran rusakna tanaman cabai, mereka harus memanen tanamannya lebih cepat sebelum masa panen itu datang. Hal ini berakibat terhadap kualitas dari cabai yang didapatkan tidak semaksimal biasanya.

“Tidak hanya cuaca buruk, kerusakan dari tanaman cabai juga dikarenakan serangan hama yang membuat tanaman cabai muda mengalami kerusakan. Sebab tidak lagi produktif, kami harus mencabut tanaman cabai serta rencananya kami akan melakukan penanaman kembali sampai cuaca ini kembali normal.”ungkap salah satu petani cabai, Jumat, 6 Januari 2017.

Panen dini yang telah dilaksanakan sejumlah petani membuat pasokan cabai berkurang, hal ini jelas akan mempunyai pengaruh terhadap harga dari cabai di sejumlah wilayah meningkat secara drastis. Di tengah kondisi cuaca yang buruk, para petani tidak putus asa. Mereka masih tetap akan berkebun dengan mempunyai harapan cuaca akan cerah kembali supaya petani cabai dapat menanam kembali.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*