Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / MAKANAN / Harga Cabai Kian Tinggi, Daya Beli Berkurang Pesat

Harga Cabai Kian Tinggi, Daya Beli Berkurang Pesat

Harga cabai di pasar tradisonal yang ada di Lamongan terpantau masih sangat tinggi yaitu berkisar Rp. 90.000 / kg sampai Rp. 100.000 / kg. Keadaan kenaikan harga yang telah bertahan di waktu 1 bulan belakangan dan tidak terdapatnya sinyal turun, mulai mempunyai imbas terhadap daya beli masyarakat yang kian menurun.

Sejumlah pedagang pasar yang ada di Lamongan mulai mengeluh terhadap sepinya pembeli, akibat harga cabai yang mengalami kenaikan secara drastis di waktu 1 bulan belakangan. Salah satu pedagang pasar yang ada di Sidoharjo, Sukarya mengatakan jika harga cabai di keadaan normal ada pada kisaran Rp. 25.000 / kg hingga Rp. 30.000 / kg, akan tetapi saat ini mengalami kenaikan sampai Rp. 90.000 / kg hingga Rp. 100.000 / kg.

“Meskipun sempat mengalami penurunan, akan tetapi harga cabai lagi-lagi mengalami kenaikan. Peningkatan dari harga cabai mulai berdampak terhadap daya beli masyarakat yang mengalami penurunan. Para pembeli akhir-akhir ini mulai mengurangi belanja mereka.”ungkap Sukarya, Selasa, 10 Januari 2017.

Dia juga mengatakan jika peningkatan harga dari cabai juga  merupakan dampak dari stok, bahkan seandainya terdapat perdagangan wajib membelinya dengan harga yang sangat tinggi dijual lagi dengan harga yang sangat tinggi. Sedangkan Bupati Lamongan, Fadeli berkata jika harga cabai tersebut  semestinya tidak harus mengalami kenaikan sebab daerah pesisir utara di Lamongan adalah sentra pertanian dari cabai.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*