Home / Uncategorized / Harga kebutuhan pokok mulai naik

Harga kebutuhan pokok mulai naik

harga-kebutuhan-pokokSejumlah pedagang di pasar-pasar Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mengakui harga kebutuhan pokok mulai naik menjelang bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah.

Hasnah, pedagang di Pasar Yamaker di Nunukan, Minggu, mengatakan kenaikan harga bahan pokok mulai berlangsung sejak dua hari yang lalu seiring dengan tingginya permintaan masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia tersebut.

“Harga mulai naik dua hari yang lalu terutama bahan kebutuhan pokok sehari-hari,” ujar dia.

Ia mengutarakan, kebutuhan pokok itu seperti bawang merah, bawang putih, cabai kecil dan besar, minyak goreng, dan gula pasir.

Khusus untuk bawang merah lokal yang diperoleh dari Sulawesi Selatan, kata dia, harga eceran sebelumnya pada kisaran Rp20.000 per kilogram naik menjadi Rp35.000 per kilogram.

Begitu pula dengan harga bawang putih asal China yang diperoleh dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dari harga eceran Rp17.000 per kilogram menjadi Rp20.000 per kilogram.

Handri yang ditemui secara terpisah di Pasar Inhutani, Kabupaten Nunukan, membenarkan terjadinya kenauikan harga sejumlah kebutuhan pokok di daerah itu sejak beberapa hari yang lalu.

Pria yang menjadi agen bawang meerah dan bawang putih di Pasar Inhutani ini menyebutkan, harga bawang merah dan bawang putih telah mengalami kenaikan sejak beberapa hari yang lalu.

Ia mengakui kenaikan harga semacam itu terjadi setiap tahun menjelang bulan suci Ramadhan disebabkan tingginya permintaan dari konsumen (masyarakat) yang akan menjalankan hari pertama bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah.

Handri memperkirakan harga akan terus mengalami kenaikan hingga pertengahan bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah dan setelah itu akan mengalami penurunan sehubungan dengan berkurangnya kebutuhan masyarakat setempat.

“Biasanya harga akan naik terus sampai pertengahan bulan puasa. Setelah itu harga turun lagi karena kebutuhan masyarakat akan menurun,” ujar dia.

Sebelum mengalami kenaikan, ujar dia, harga bawang merah ditingkat agensi sebesar Rp17.000 per kilogram dengan eceran Rp20.000 per kilogram dan bawang putih dengan harga Rp11.000 per kilogram yang dijual eceran Rp15.000 per kilogram.

Pantauan Antara di Pasar Yamaker dan Inhutani Kabupaten Nunukan, harga cabai kecil juga mengalami kenaikan dari Rp20.000 per kilogram menjadi Rp30.000 per kilogram saat ini.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*