Home / Industri / Indonesia Menjadi Produsen Rumput Laut Terbesar di Dunia

Indonesia Menjadi Produsen Rumput Laut Terbesar di Dunia

Dari sekian banyak keunggulan komoditas Indonesia di dunia, ternyata rumput laut mampu menambah peringkat negeri ini secara global. Bagaimana tidak, Indonesia saat ini tercatat sebagai produsen rumput laut terbesar di dunia, meski baru memasok rumput laut kering atau barang mentah dan bukan produk olahan bernilai tambah, menurut data yang dikompilasi dari Kementerian Perindustrian.

Dari total produksi rumput laut kering dunia sekitar 424.000 ton, Indonesia memasok 56% atau sekitar 237.800 ton per tahun. Di dunia, terdapat lebih dari 500 jenis produk turunan menggunakan rumput laut. Sementara saat ini sebanyak 152.900 ton atau 64,3% rumput laut produksi dalam negeri diekspor dalam bentuk kering atau belum diolah.

Volume rumput laut yang diolah oleh industri domestik hanya sekitar 84.900 atau 35,7% dari total konsumsi dalam negeri. Padahal, total kebutuhan rumput laut sebagai bahan baku industri mencapai 128.600 ton per tahun, dengan demikain terjadi defisit pasokan sekitar 43.800 ton per tahun.

Kendati menjadi penghasil rumput laut terbesar di dunia, produk olahan rumput laut Indonesia justru masih kalah jauh dibandingkan dengan China ,China menjadi negara yang mendapat pasokan rumput laut Indonesia paling banyak. Sekitar 70% hingga 80% bahan baku rumput laut yang diolah di China berasal dari Indonesia. “China bisa dikatakan 70% hingga 80% impor rumput laut dari Indonesia sebagai bahan baku. Dengan kebijakan mereka sudah dapat mempengaruhi peta market dunia

Hasil pencarian terkait:

  • 10negara penghasil rumput laut terbesar di dunia (2)
  • penghasil rumput laut terbesar di dunia (2)
  • 10 NEGARA PENGHASIL RUMPUT LAUT TERBESAR DUNIA (1)
  • apakah rumput produsen (1)
  • daftar negara penghasil rumput laut terbesar di dunia (1)
  • negara penghasil makanan laut terbesar di dunia (1)
  • Negara penghasil rumput laut terbanyak di dunia (1)
  • perusahaan rumput laut terbesar di dunia (1)

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*