Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / MAKANAN / Kemtan – Stok Daging Jelang Natal Aman

Kemtan – Stok Daging Jelang Natal Aman

Menjelang berakhirnya tahun 2018, permintaan masyarakat terhadap daging mengalami lonjakan karena akan ada hari besar Natal dan juga tahun baru. Kementerian Pertanian (Kemtan) mengklaim jika saat ini stok daging masih mencuki untuk kebutuhan natal dan tahun baru yaitu ada sekitar 36 ribu ton. Hal tersebut sudah diantisipasi ketika permintaan naik.

Stok daging saat ini termasuk juga stok daging impor dari Spanyol, India dan beberapa negara lainnya. Sampai saat ini, harga daging dipasaran masih sangat stabil belum terjadi lonjakan yang signifikan. Namun demikian Kemtan tidak mempunyai kapasitas sebagai penentu harga dan menyerahkan kebijakan harga kepada Kementerian Perdagangan (Kemdag).

Kebijakan harga tersebut sudah tertuang dalam peraturan menteri perdagangan (Permendag) Nomor 27 tahun 2017 tentang harga Acuan Penjualan di Konsumen untuk daging sapi beku Rp 80.000 per kg dan untuk harga daging sapi segar sebesar Rp 98.000 per kg.

Harga daging sapi di pasaran masih di tentukan oleh Kemdag, jika dipasar terdapat penurunan harga hal tersebut karena adanya persaingan. Karena sampai saat ini harga daging lokal masih berada di kisaran Rp 120.000 perkg.

 

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*