Home / Industri / KKP Akan Terapkan Strategi resi gudang untuk Rumput Laut

KKP Akan Terapkan Strategi resi gudang untuk Rumput Laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Bersinergi dengan Badan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti) agar bisa menerapkan skema Resi Gudang pada Rumput laut, yang merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Menurut Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Nilanto Prabowo menjelaskan bahwa penerapan skema resi gudang bisa menjamin keuntungan untuk pelaku budidaya rumput laut karena harga jual rumput laut masih terjaga aman. Ia juga menambahkan, sebab setelah dikeringkan bisa disimpan dulu di gudang sambil menunggu seluruh produksi rumput laut bisa diserap oleh Pasar. “Tegasnya.”

Hingga saat ini Skema Resi gudang untuk rumput laut baru diterapkan di Makassar. Nantinya pemerintah akan memperluas Penggunaan untuk wilayah lain. Sehingga Produksi rumput laut nasional bisa tetap produktif. Bukan hanya itu, Pemerintah juga kini sedang mempersiapkan Roadmap pengembangan industri hilir rumput laut, sebab hingga saat ini Industri olah rumput laut masih belum maksimal. Sebab Pabrik hanya mengolah rumput laut untuk dijadikan agar agar. Roadmap ini sudah di Paraf Oleh Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, dan hanya menunggu untuk diajukan ke Presiden.

Perlu diketahui, sampai saay ini hasil rumput laut masih di ekspor dalam bentuk Raw Material ke beberapa negara kemudian nanti di olah menjadi caraginan. Ekspor rumput laut nasional masih di dominasi oleh Tiongkok, Maroko dan Filipina. Roadmap nanti akan sejalan dengan target pemerintah agar bisa meningkatkan produksi rumput laut ditahun 2017. Dengan target produksi mencapai 13 juta ton.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*