Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / Lelang Karet: Menguntungkan Petani Sumsel

Lelang Karet: Menguntungkan Petani Sumsel

PALEMBANG-kabar gembira untuk Petani karet yang berada di Sumatra Selatan yang mana mereka akan kembali menikmati sejumlah kenaikan harga getah atau sering dosebut bahan olah karet untuk pekan ini, sebab ada sistem baru dengan melalui lelang karet pada sejumlah daerah.

Sesuai data yang sudah diolah bisnis.com bersumber dari Dinas Perkebunan SUMSEL (sumatera Selatan), untuk kenaikan harga tersebut akan terjadi pada tiga unit pengolahan serta pemasaran untuk Bahan Olah Karet Rakyat/bokar UPPB khusunya wilayah i Kabupaten Banyuasin serta Musi Banyuasin.

Dari UPPB Maju Bersama Sembawa, sebagi conohnya. Untuk petani dalam sistem Harga lelang akan mendapatkan penghasilan yang lebih sebab harga naik Rp513 atau 3,9% dan untuk harga karet seetiap pekannya pada tanggal 15/2/2017 berkisar Rp13.500 per kilogram harga karet sebelumnya Rp12.987. Lelang dengan sejumlah 62,019 kg para petani yang ikut sejumlah 600 petani di wilayah Sembawa, Banyuasin.

Kenaikan harga ini terjadi pada saat lelang bersama UPPB Cipta Praja. Dari 428 petani menerima Harga karet Rp13.066 untuk per kilogramnya di UPPB dari data lelang sebelumnya petani diuntung karena harga karet naik dariharga sebelumya sebesar Rp12.889 per kg.

Sedangkan harga tertinggi berhasil didapatkan para petani yang sedang mengikuti lelang UPPB di wilayah Bayung Lencit Kecamatan Bayung Lencir. Para petani disana mendapatkan harga sebesar Rp15.925 per kg dari 149 petani yang mengikuti lelang, dari tonase sebesar 49.582 kg.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*