Home / PERDAGANGAN / INDUSTRI & EKONOMI / Mantan Karyawan Freeport Mengaku Terjadi Banyak Negosiasi “Tertutup”.

Mantan Karyawan Freeport Mengaku Terjadi Banyak Negosiasi “Tertutup”.

Mantan salah satu karyawan PT. Freeport Indonesia yakni Yoga Duwarto mengaku jika selama ini banyak negosiasi tertutup antara pihak Pemerintah serta PT. Freeport Indonesia. Kesepakatan yang telah terjadi antara 2 belah pihak juga diselimuti adanya intervensi yang berasal dari berbagai arah.

Dia mengatakan, di perundingan kontrak karya periode kedua, telah banyak terjadi proses negosiasi di belakang meja yang terjadi antara pemerintah serta Freeport. Tidak hanya itu, sejumlah proyek nasional saat itu secara diam-diam memperoleh suntikan dana yang berasal dari Freeport.

“Yah al itu sudah jelas lolosnya kontrak karya kedua itu banyak sekali terjadi di belakang meja. Sejumlah proyek nasional juga didanai oleh pihak Freeport.”ungkapnya.

Sementara itu, Ari Nurcahyo selaku Direktur Eksekutif PARA Syndicate mengatakan jika Freeport ialah bentuk persekongkolan yang sangat terlihat. Sayangnya, banyak orang yang tertutup tentang hal itu.

“Telah berjalan 50 tahun. Dalam kurun waktu 50 tahun, persekongkolan hanya dituntaskan dengan proses negosiasi secara diam-diam antara New Orleans bersama dengan Jakarta.”tuturrnya.

Sri Mulyani selaku Menteri Keungan, mengakui jika sejauh ini terjadi banyak negosiasi secara diam-diam antara pemerintah dengan PT. Freeport Indonesia. Oleh sebab itu, dirinya sangat berharap terhadap komitmen pemerintah untuk dapat menaklukan Freeport serta membuat mereka patuh terhadap peraturan yang ada di Indonesia bisa terealisasikan dalam waktu dekat.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*