Home / Uncategorized / Mitsubishi berencana bangun pabrik baru di Indonesia

Mitsubishi berencana bangun pabrik baru di Indonesia

mitsubishiPerusahaan otomotif Mitsubishi berencana membangun pabrik baru di Indonesia pada 2015 mendatang.

“Kami akan membangun pabrik baru dengan kapasitas awal sebesar 160 ribu unit kendaraan per tahun. Kami memilih Bekasi sebagai lokasi pabriknya,” kata Chairman of The Board CEO Japan’s Mitsubishi Corporation Osamu Masuko, setelah pertemuannya dengan Menteri Perindustrian, di Jakarta, Selasa.

Nantinya, jumlah produksi akan ditingkatkan hingga mencapai 240 ribu unit per tahun.  Pabrik tersebut akan menjadi pabrik kedua Mitsubishi di Indonesia. Pabrik pertama berada di kawasan Pulogadung, Jakarta.  Masuko menjelaskan pabrik tersebut akan didirikan pada Mei 2015 setelah mendapatkan persetujuan dari pemerintah RI.

Pabrik tersebut akan memproduksi jenis MPV baru yang tidak diproduksi di Jepang. Produksi kendaraan itu akan dimulai pada 2017.

Pihaknya menargetkan akan mengekspor sebanyak 20 ribu unit ke beberapa negara di antaranya Thailand, Filipina dan Vietnam.  Sementara total investasi dalam pembuatan pabrik tersebut mencapai 650 juta dolar AS.

Mitsubishi memilih Indonesia untuk berinvestasi karena menurut dia Indonesia merupakan pasar potensial. Selain memiliki banyak tenaga kerja terampil, semakin meningkatnya populasi di Indonesia, menurut dia, akan menjadi pasar yang baik.

“Populasi di Indonesia masih terus meningkat, jadi di masa datang, Indonesia akan menjadi pasar yang besar karena itulah kami berinvestasi lagi di Indonesia,” katanya.

Hal ini, menurut dia, berbeda dengan di Jepang yang populasinya menurun dari tahun ke tahun sehingga pertumbuhan industri di sana, sulit.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*