Home / Uncategorized / Pemerintah Akan Batasi Para Investor Untuk Berinvestasi Pada Beberapa Sektor

Pemerintah Akan Batasi Para Investor Untuk Berinvestasi Pada Beberapa Sektor

BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) akan segera melarang tindakan investasi, baik investasi asing atau dalam negeri untuk sejumlah sektor industri, yakni pada sektor perkebuman kelapas sawit hingga produksi semen yang ada di Indonesia. Kebijakan ini muncul dengan tujuan untuk dapat menjaga keberlangsungan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Thomas Trikasih Lembong selaku Kepala dari BKPM setelah menandatangani Nota Kesepahaman Pertukaran Data & Informasi Statistik Bidang Penanaman Modal berkata jika BKPM mempunyai fungsi sebagai konsultan untuk investor guna mengarahkan kegiatan penanaman modal mereka di sejumlah sektor investasi yang ada di Tanah Air.

“BKPM jelas wajib mempromosikan sejumlah sektor yang pantas investasi atau yang mengalami kelebihan investasi. Pada hal ini, kita memerlukan data yang sangat akurat sebagai salah satu referensi dari BKPM serta para investor.”tutur Thomas Trikasih Lembong.

Berikut adalah beberapa sektor investasi yang akan segera ditahan bagi para pemilik modal yang masuk menuju Indonesia, pertama adalah sektor industri kelapa sawit. Tom Lembong mengaku jika Presiden Jokowi sudah mengeluarkan beberapa aturan moratorium atas pemberian izin pada lahan sawit untuk para investor.

“Salah satu yang menjadi pertimbangan ialah sudah kelewatan dengan sawit. Kita mempunyai resiko akan terlalu bergantung terhadap sawit, sebab telah menjadi ekspor non-migas pertama serta jika terjadi apa-apa, perekonomian Indonesia dapat terkena dampaknya.”tegas Tom Lembong.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*