Home / PERDAGANGAN / ANALISA & INVESTASI / Penurunan Dolar Tingkatkan Harga Emas

Penurunan Dolar Tingkatkan Harga Emas

Harga emas mengalami peningkatan akibat penurunan Dolar Amerika Serikat serta pasar yang saat ini masih menantikan detail rencana terkait kebijakan pajak yang akan diambil oleh Presiden Donald Trump. Harga emas mengalami kenaikan di tengah keadaan rendahnya pembelian sejalan dengan momen libur yang terjadi di Amerika Serikat.

Seperti yang dilansir dari Reuters, 21 Februari 2017, harga emas pada pasar Spot mengalami kenaikan 0,2% ke US$ 1.238 / ounce. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat untuk periode pengiriman April 2017 yang diperjual-belikan sedikit lebih rendah menuju level US$ 1.238,50 / ounce.

Secara keseluruhan perdagangan emas diperkirakan akan rendah sampai The Fed (Federal Reserve) memberitahukan kebijakan terkait peningkatan suku bunga minggu ini. Rencananya 5 kepala regional The Fed akan mengadakan pertemuan di minggu ini.

Harga emas saat ini memang sangat sensitive pada peningkatan suku bunga. Sedangkan pasar likuiditas di perdagangan hari ini sedikit lebih rendah lantaran perayaan libur Hari Presiden yang terjadi di Amerika Serikat.

“Harga emas tetap ada pada US$ 1,220 hingga US$ 1,245. Hal tersebut diharapkan jadi hal positif di Hari Presiden.”ungkap Ole Hansen selaku Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank.

Dia mengungkapkan jika langkah Presiden AS, Donald Trump yang akan terus jadsi sumber utama yang memberikan inspirasi pada pasar emas. Hal tersebut dinantikan pada saat ini ialah janji terkait kebijakan pajak.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*