Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Pertamina Tidak Akan Alami Rugi Jika Jual BBM Satu Harga

Pertamina Tidak Akan Alami Rugi Jika Jual BBM Satu Harga

Harga Minyak – Ignasius Jonan, Menteri ESDM beranggapan jika PT. Pertamina tidak akan rugi walau harus menjual BBM atau Bahan Bakar Minyak 1 harga di semua daerah di Indonesia. Padahal, ongkos dari distribusi yang diperlukan oleh Pertamina untuk dapat menyentuh daerah-daerah pinggiran hingga Rp. 800 M.

Dia paham, ongkos untuk distribusi BBM akan kian mahal seandainya lokasi tujuan kian jauh. Lebih lagi, infrastruktur jalan yang ada di kawasan Timur Indonesia masih sangat buruk. Akan tetapi, Presiden Joko Widodo sudah mengatakan jika harga BBM wajib 1 harga di seluruh Tanah Air.

“Jika Anda bertanya biaya distribusi yang dibutuhkan, semakin ke timur semakin tinggi, yang tidak apa-apa, kan seperti arahan dari Presiden. Secara umu, bisnis Pertamina tidak akan memperoleh kerugian jika Pak Direktur Utama Pertamina mengatakan tambahan yang diperlukan mungkin sekitar Rp. 800 M. Itu jumlah yang kecil bagi Pertamina.”ungkap Ignasius Jonan di Gedung Bina Graha, Jakarta, 27 Oktober 2016.

Mantan Menteri Perhubungan tersebut mengatakan jika laba kotor yang didapatkan oleh Pertamina setiap tahun hingga Rp. 40 T. Dengan begitu, ongkos dari proses distribusi BBM sekitar Rp. 800 M hanya tidak kurang dari 2% dari total jumlah laba yang diperoleh oleh PT Pertamina.

“Untung yang diperoleh Pertamina itu Rp. 40 T, dikurangi sekitar Rp. 800 M, itu jelas bukan masalah.”

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*