Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / KOMODITAS LAINNYA / Pertanian Masih Jadi Andalan Pedesaan di Indonesia
informasi pertanian indonesia

Pertanian Masih Jadi Andalan Pedesaan di Indonesia

Indonesia di Anugrahi hamparan pertanian yang luas dan menjadi negara Agraris. Indonesia memiliki hasil pertanian yang melimpah sehingga hal ini perlu dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah agar bisa meningkatkan produktifitas pertanian dalam negeri. Sebab bukan tidak mungkin, jika kurang di urus industri pertanian bisa mengalami penurunan.

Menurut Menteri Desa, Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa, hampir 82% dari seluruh desa yang ada di Indonesia masih mengandalkan pertanian. Yang hampir sebagian besar masyarakatnya berada dalam pusaran pertanian yang meliputi Perikanan dan peternakan. “ujarnya”

Ia juga menambahkan, bahwa hingga saat ini sistem pertanian dipedesaan masih banyak masalah. Yang utama adalah masalah irigasi. Sehingga banyak desa yang sistem pengairan pertaniannya mengandalkan cuaca. Tentu hal tersebut menjadi masalah berat sebab dalam satu tahuh hanya sekali musim panen dan cuaca pun terkadang tidak menentu dan hal tersebut akan berakibat kerugian untuk para petani. “tegasnya”.

Di Indonesia, Sektor pertanian memang tidak bisa lepas dari Air. Musim tanam pertanian di Indonesia hanya 1,4 kali dalam setahun. Dan pengairan menjadi faktor penentu keberhasilan panen tersebut. Jika mengandalkan cuaca masih belum memungkinkan. Sebab cuaca ekstreme masih sering terjadi di Indonesia

Sehingga membuat pemerintah saat ini fokus untuk membangun Embung di berbagai daerah sehingga bisa membantu meningkatkan musim tanam untuk para petani. Dan memungkinkan petani bisa panen tiga kali dalan setahun.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*