Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Produksi Kakao Nasional Masih Belum Bangkit

Produksi Kakao Nasional Masih Belum Bangkit

Sepertinya tren positif masih belum bisa didapatkan oleh kakao Nasional. Hal tersebut karena produksi kakao nasional masih belum beranjak pada tahun ini. Berdasarkan data perhitungan dari Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo), pada semester I-2017 produksi biji kakao dalam negeri hanya mencapai 150.000 ton, turun sekitar 10% dibandingkan periode yang sama ditahun sebelumnya.

Penurunan produksi kakao dipicu oleh menurunya produktifitas pohon kakao petani yang terus mengalami penurunan karena usia tanam yang sudah tua. Bukan Cuma itu, saat ini belum ada upaya dan keseriusan pemerintah untuk melakukan peremajaan kebun kako atau replanting.

Saat ini banyak sekali pohon kakao yang sudah tidak produksi lagi karena petani tidak bisa meremajakan kebun mereka sendiri, karena kendala modal ataupun kesalahan perawatan. Dengan produksi sebesar 150.000 ton, maka produksi kakao pada tahun ini hanya sekitar 300.000 ton. Jumlah itu lebih rendah dari produksi tahun lalu yang mencapai 350.000 ton.

Ketua Umum Asosiasi Industri Kakao Indonedia (AIKI), Pieter Jasman menjelaskan dengan produksi kakao yang minim pada tahun lalu, sehingga kapasitas produksi terpakai perusahaan pengolah kakao hanyalah 392.000 ton. Dengan adanya penurunan produksi biji kakao yang turun, maka pada tahun ini kapasitas terpakai kemungkinkan akan lebih rendah. Saat ini kapasitas terpasang industri kakao 800.000 ton.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*