Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Sempat Naik Tajam CPO Harus Koreksi Sementara

Sempat Naik Tajam CPO Harus Koreksi Sementara

Harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) mengalami penguatan selama sepekan terakhir. Melihat data Bloomberg, harga CPO untuk kontrak pengiriman Oktober 2017 di Malaysia Derivative Exchange mengalami penutunan 0.82% ke level RM 2.655 per metrik ton jika dibandingkan sehari sebelumnya.

Pelemahan ini terjadi setelah sebelumnya, CPO mencatatkan rekor harga tertinggi dalam tga bulan terakhir pada posisi RM 2.677 per metrik ton. Dalam sepekan, minyak sawit terapresiasi 3,57%.

Harga CPO hampir dua pekan mengalami penguatan, namun harus koreksi pada akhir pekan kemarin karena adanya aksi investor yang melakukan realisasi keuntungan. Selain itu ada sentimen negatif muncul terkait masalah ekspor CPO dari Indonesia ke Uni Eropa yang kembali terganjal.

Seperti diketahui, sejumlah negara di Uni Eropa mengeluarkan aturan pembatasan masuknya sawit mentah. Aturan tersebut dibuat karena dikhawatirkan produk CPO dan turunannya akan menyerbu masuk wilayah tersebut.

Selain itu, beberapa analis memprediksi ada kemungkinan kenaikan produksi CPO dari Indonesia dan Malaysia pada tahun 2018. Sehingga ini bisa menjadi katalis negatif untuk harga CPO kedepannya karena pasokan akan semakin berlimpah.

Dilain sisi, saat ini tingkat permintaan CPO juga terus menanjak sehingga membuat harga masih kemungkinan stabil

Hasil pencarian terkait:

  • komoditi hasil perikanan (4)
  • komoditi gold (2)
  • apa itu komoditi gold (1)
  • komoditas lidah buaya (1)
  • komoditi cirebon (1)
  • komoditi kakao adalah (1)
  • komodity perikanan (1)

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*