Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / Sepanjang Tahun ini, Ekspor Rumput Laut Naik 20.88%

Sepanjang Tahun ini, Ekspor Rumput Laut Naik 20.88%

Hasil produksi rumput laut nasional yang mengalami peningkatan sejalan dengan permintaan rumput laut di pasar internasional. Hal tersebut bisa terlihat dari hasil ekspor rumput laut yang semakin mengalami kenaikan. Walaupun di Amerika Serikat (AS) rumput laut akan dikeluarga dari kelompok makanan organik, namun nyatanya ekspor masih saja tinggi karena kebutuhan yang semakin besar.

Permintaan industri terhadap rumput laut masih tinggi dipasar global. Walaupun di Amerika sudah dicoret, namun jika dilihat kebutuhan industri luar negeri untuk rumput laut masih tinggi sebesar 200.000 ton per tahun.

Melihat data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode Januari hingga juli 2017 nilai ekspor rumput laut Indonesia mengalami peningkatan sebesar 20.88% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Pada periode Januari hingga Juli 2017 nilai ekspor rumput laut nasional mencapai US$ 69,9 juta. Sementara pada periode yang sama di tahun 2016 nilai ekspor rumput laut Indonesia sebesar US$ 57,6 juta.

Sementara itu untuk masalah harga, saat ini harga rumput laut sedang dalam tren positif. Pergerakan harga rumput laut sebagai bentukan dari tren pasar. Harga rumput laut jenis katonik dijual Rp 12.000 per kilogram (kg). Sementara rumput laut berjenis flares dijual dengan harga Rp 9.000 per kg.

Diperkirakan ekspor rumput laut masih akan mengalami kenaikan hingga akhir tahun nanti mengingat semakin meningkatknya permintaan dipasar internasional.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*