Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / MAKANAN / Stabilkan Harga Pangan, Bulog Siapkan 2 Juta Ton Beras
informasi harga beras terkini

Stabilkan Harga Pangan, Bulog Siapkan 2 Juta Ton Beras

Menjelang bulan puasa rawan sekali terjadi lonjakan harga pangan. Disejumlah daerah sudah terjadi kenaikan harga pangan termasuk bawang dan beras. Mengantisipasi hal tersebut Perum Bulog sudah mempersiapkan 2 juta ton lebih beras untuk bisa melakukan stabilisasi harga pangan terutama saat memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran. Stabilisasi ini dilakukan melalui Gerakan Stabilisasi Pangan yang digelar di seluruh Tanah Air.

Menurut Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti mengatakan, kini pihaknya sudah mempersiapkan apa yang dibutuhkan pemerintah seperti bahan bahan pokok,  selain itu adanya Gerakan Stabilisasi Pangan adalah inisiatif Bulog sebagai langkah untuk menjaga harga pangan ditingkat konsumen menjelang Ramadhan dan lebaran. Gerakan ini akan dilakukan selama 2 minggu penuh di seluruh Indonesia. “ucapnya”

Ia juga menambahkan, gerakan stabilisasi pangan ini tidak hanya di Jakarta melainkan dari Sabang hingga Merauke. Selain beras, Bulog juga akan mempersiapkan sejumlah kebutuhan pokok lainnya dalam gerakan stabilisasi pangan seperti. Gula 320 ribu ton, daging beku 37.500 ton, minyak goreng 207 ribu liter, bawang putih 62 ton dan bawang merah 60 ribu ton. Khusus untuk bawang merah dan bawang putih akan terus bertambah stoknya dengan penyerapan produksi dalam negeri dan impor,” ucapnya.

Langkah ini dilakukian agar bisa menjaga harga pangan terutama menjelang hari besar keagamaan nasional (NBKN). Langkah Bulog ini juga sudah mendapatkan dukungan dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*