Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / Tahun Depan, Ekspor Teh Berpotensi Naik

Tahun Depan, Ekspor Teh Berpotensi Naik

Tiga produsen dan konsumen teh terbesar di Asia yaitu Indonesia, China dan India telah resmi menjalin kerjasama pengembangan sektor teh. Kesepakatan kerja sama tersebut sangat berpotensi untuk menggenjot ekspor teh Indonesia pada awal tahun hingga 10%

Cathalia Frida Randing selaku Ketua Indonesia Tea Marketing Asociation (ITMA) mengatakan, pihaknya memprediksikan diawal tahun akan mengalami kenaikan 10%, sebab harus memperbaiki kondisi kebun, kalau kondisi kebun sudah baik tentu hasil pucuknya juga akan lebih baik dengan tujuan ekspor ke China dan India dan juga supply ke dalam negeri juga.

Saat ini produksi teh dalam negeri per tahun sekitar 140 ribu ton dengan konsumsi teh dalam negeri sebesar 56 ribu ton lalu sisanya untuk di ekspor. Setiap tahunnya ekspor teh terus mengalami kenaikan termasuk juga tahun 2018 yang mengalami kenaikan 130%

Data ekspor dari Januari sampai Agustus 2018 mencapai US$ 5,31 juta atau naik dari tahu lalu, 130% yakni sebesar US$ 2,3 juta. Dengan kerjasama ini diharapkan ekspor teh Indonesia bisa kembali bangkit.

China dan India menjadi pasar untuk ekspor teh mengingat konsumsi teh di kedua negara tersebut sangat tinggi sehingga harus dimanfaatkan dengan baik.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*