Home / PERDAGANGAN / BURSA KOMODITAS / 2 Kontainer Bawang Impor Sudah Masuk Indonesia

2 Kontainer Bawang Impor Sudah Masuk Indonesia

Dua kontainer bawang putih impor asal China pada hari ini sudah datang dan akan masuk ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta. Nantinya bawang impor tersebut akan dijuial dipasaran dengan harga Rp 30 ribu per kg. dengan kedatangan bawang impor ini diharapkan bisa menekan harga bawang yang sudah merangkak naik. Dibeberapa daerah harga bawang sudah mengalami kenaikan cukup tajam.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, dengan sudah masuknya bawang putih impor dengan jumlah dua kontainer ini, di upayakan harga bawang putih bisa turun cukup signifikan. Bahkan sejak sudah masuk pasar induk Kramat Jati, harga bawang sudah bisa mulai turun, dipastikan turun 44% atau sekitar Rp 20 ribu dari harga sebelumnya. “ucapnya”

Ia juga menambahkan, jika biasanya harga bawang putih di jual Rp 45 Ribu, saat sudah masuk bawang impor nanti dijual Rp 25 ribu perkg. Tidak ada alasan untuk para padagang untuk menjual bawang dengan harga mahal kepada konsumen. Sebab ia memastikan pengusaha maupun pedagang besar bakal mengirim dua kontainer bawang putih setiap harinya. Nantinya akan ada 90 ton bawang sebagai stok untuk ramadhan.”ucapnya”

Selain itu, Mentan juga menjelaskan jika stok bahan pangan lainnya masih cukup aman terkendali menjelang bulan puasa. Persediaan beras menjelang puasa masih sekitar 2,2 juta ton. Dan  Beras yang masih tersimpan di gudang pun berkisar 400 ribu ton. Sementara itu minyak goreng masih sekitar 1,5 juta liter

 

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*