Home / Uncategorized / Boediono : Jangan Salah Gunakan APBN Untuk Kepentingan Politik

Boediono : Jangan Salah Gunakan APBN Untuk Kepentingan Politik

Mantan Wapres dan Ekonom, Boediono memperingatkan jika pengelolaan APBN harusnya jangan menjadi alasan untuk menjadi alat tarik menarik politik serta kepentingan pribadi. APBN wajib menjadi sebuah hal yang dapat menjadi solusi untuk masyarakat.

Dia berpendapat jika keuangan negara yang sangat ideal yaitu berdasarkan terhadap beberapa prinsip good governance serta sejalan dengan good financial governance. Dengan adanya keseimbangan itu, maka APBN dapat jadi sebuah tonggak untuk bisa membangun sebuah negara yang adil dan makmur seperti cita-cita dari Indonesia.

“Saya berpesan, untuk APBN saat ini, harus berhati-hati. Jangan sampai menjadi alat tarik menarik bagi elit politik. APBN jangan menjadi bagian politik saja tetapi juga menjadi solusi untuk masyarakat Indonesia.”tuturnya, Rabu, 30 November 2016 di Jakarta.

Boediono mengatakan jika kelangsungan dari pembangunan di Indonesia akan sangat bergantung terhadap pengelolaan dari APBN yang transparan dan sesuai. Jangan seperti yang terjadi pada pengelolaan APBN di tahun 1950 hingga 1960 an, dimana waktu itu pengelolaan APBN mengalami loss kontrol.

“Di tahun tersebut, peran dari APBN itu sebagai sebuah masalah bukan menjadi sebuah solusi. Pada saat itu, APBN harus mengalami lepas kendali.”ungkapnya.

Boediono pun menceritakan ketika dirinya menjabat menjadi menteri keuangan di periode 2001 hingga 2004, salah satu sumber yang menjadi penutup kekurangan anggaran pemerintah ialah dengan melepaskan beberapa aset Indonesia untuk bisa menutup defisit.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*