Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / Ganjar Tunggu Bantuan BI Buat Pasar Ekspor Yang Baru

Ganjar Tunggu Bantuan BI Buat Pasar Ekspor Yang Baru

Ekspor Jawa Tengah pada tahun lalu mengalami penurunan akibat keadaan ekonomi di 2 negara tujuan ekspor yakni China dan Amerika Serikat. Bank Indonesia diminta supaya dapat ikut serta dalam membuat pasar baru, sehingga berasal dari beberapa Negara tujuan utama ekspor yang telah ada.
“Salah satu PR ialah untuk meningkatkan nilai ekspor yang ada di Jawa Tengah.”ungkap Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah, Senin, 20 Februari 2017.

Dia menambahkan, terdapat usaha untuk membuat pasar baru termasuk dengan menggali beberapa potensi komoditas lain yang bias dikirim menuju luar negeri. Seperti, Rusia, dimana pertumbuhan ekonomi yang mereka alami saat ini sangat positif, serta mereka antusias untuk melakukan investasi yang ada di Jawa Tengah. “Sejumlah komoditas pangan yang ada di sana cukup mahal serta di sini cukup murah juga dapat menjadi sebuah alternative guna komoditas ekspor.”ungkapnya.

Tidak hanya ekspor, Ganjar menambahkan, tantangan yang lain ialah penanggulangan terhadap kemiskinan. Angka kemiskinan yang ada di Jawa Tengah dia akui masih cukup tinggi. Mereka saat ini ada pada taraf miskin itu kebanyakan memiliki profesi sebagai seorang nelayan, petani serta pengusaha kecil.

“Kami menantikan peran dari BI untuk dapat mencari jalan supaya mereka dapat berdikari. Dapat juga dengan memberikan pelatihan terkait kewirausahaan.”ungkap Ganjar Pranowo pada acara serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*