Home / PERDAGANGAN / BURSA KOMODITAS / Harga Gula Ditetapkan Rp. 12.500 / Kg Demi Menjaga Daya Beli Masyarakat

Harga Gula Ditetapkan Rp. 12.500 / Kg Demi Menjaga Daya Beli Masyarakat

Penetapan dari harga gula pada Rp. 12.500 / kg yang telah disetujui produsen serta distributor gula menurut beberapa ekonom sebagai salah satu kebijakan yang sangat tepat. Hal seperti ini dia yakini dapat jadi sebuah indstrumen guna menjaga daya beli masyarakat yang akhir-akhir ini turun.

Latif Adam selaku Ekonom LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) berkata, ketika performa dari ekspor belum dapat diharapkan jadi faktor dominan untuk bisa memacu pertumbuhan dari ekonomi, hal yang sangat masuk akal pada saat ini ialah mendorong konsumsi dari masyarakat. “Salah satunya adalah dengan membuat stabilitas harga, ujungnya hal tersebut akan berkorelasi terhadap daya beli serta konsumsi masyarakat. Ini adalah sebuah hal yang sangat baik dan butuk diapresiasi.”ungkap Latif ketika di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2017.

Lebih lanjut dia juga merasa yakin jika harga patokan dari gula, dilaksanakan berdasarkan dari perhitungan yang elastitas daya beli masyarakat pada suatu produk maupun komoditas. Untuk dapat menjaga daya beli dari masyarakat, boleh jadi harga dari gula memang pada angka senilai itu, jika di atas harga itu, dapat saja akan membuat daya beli akan turun.”ujarnya.

Akan tetapi, Latif berpendapat jika langkah guna menjaga daya beli masyarakat memang tidak cukup hanya menetapkan sebuah harga patokan. Dia menjelaskan beberapa faktor lain yang juga wajib diperhatikan oleh pemerintah.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*