Home / BAHAN BAKAR / Harga Minyak Kembali Turun, Ada Pada Level Terendahnya

Harga Minyak Kembali Turun, Ada Pada Level Terendahnya

Harga minyak mentah di dunia lagi-lagi mengalami penurunan di perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB. Ada sejumlah hal yang menjadi faktor turunnya harga dari minyak dunia jelang akhir minggu ini. Diantaranya ialah terdapatnya kekhawatiran kelebihan pasokan minyak dunia usai persediaan di Amerika Serikat terus mengalami peningkatan.

Tidak hanya itu, penurunan dari harga minyak dunia ini juga dikarenakan terdapatnya kekhawatiran jika sejumlah negara anggota dari OPEC tidak kunjung mengurangi tingkat produksinya. Hal tersebut mempunyai dampak terhadap kian tingginya produksi yang akan berpengaruh terhadap turunnya harga minyak mentah di dunia.

Dilansir dari Reuters, Sabtu, 11 Maret 2017, harga minyak dunia lagi-lagi ada pada level paling rendah dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Tidak hanya itu, harga minyak dunia juga mengalami penurunan sebesar 9% sejak Selasa.

Harga minyak WTI atau West Texas Intermediate untuk periode pengiriman April mengalami penurunan 1,6% atau 79 sen di level US$ 48,49 / barel di New York Mercantile Exchange. Harga dari minyak ini ada pada level paling rendah sejak 29 November 2016. Sedangkan, secara mingguan, harga dari minyak WTI sudah ada pada penurunan senilai 9,1%.

Sementara itu, harga dari minyak Brent mengalami penurunan 1,6% atau 82 sen menuju US$ 51,37 / barel di London’s ICE Future exc. Di 1 pekan terakhir, harga dari minyak mentah Brent turun 8,1%.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*