Home / Industri / Industri Sawit- Komoditas Unggulan Indonesia

Industri Sawit- Komoditas Unggulan Indonesia

Indonesia memiliki beragam macam komoditas. Komoditas indonesia sudah banyak yang di ekspor ke mancanegara. Salah satu komoditas unggulan indonesia adalah Kelapa sawit. Industri sawit di indonesia merupakan komoditas unggulan saat ini. industri sawit saat ini sudah menjadi industri bahan baku yang berkembang di indonesia dan memiliki nilai komersial yang paling beragam. Ekspor sawit indonesia merupakan ekspor terbesar di seluruh dunia, karena hampir memenuhi sekitar 70% untuk kebutuhan sawit dunia.

Alasan industri sawit berkembang karena, di dukung oleh posisi startegi untuk mengembangkan kelapa sawit. Selain itu di dukung juga oleh kondisi rill dalam industri sawit dengan kinerja yang sangat baik. Sawit menciptakan lebih dari empat juta kesempatan kerja petani dan tenaga kerja langsung, sehingga membuat ekonomi indonesia ikut terbantu oleh produksi sawait nasional. Dunia sudah mengakui bahwa indonesia merupakan negara eksportir sawit terbesar di dunia. Bank Dunia mencatat bahwa sawit di indonesia ikut menyumbangkan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi.

Walaupun menjadi komoditas unggulan, namun dalam pasar komoditas, industri sawit masih akan tetap mencapatkan saingan. Permintaan terhadap sawit yang tinggi, baik untuk bahan mentah, produksi atau konsumsi sehingga ini yang menyebabkan persaingan namun ekspor sawit indonesia masih sangat tinggi untuk saat ini.Ekspor produk sawit Indonesia sudah lebih dari 30 juta ton, belum termasuk produk yang diserap di dalam negeri.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*