Home / Kopi / Jawa Barat Genjot Ekspor Kopi Ke Timur Tengah dan Afrika

Jawa Barat Genjot Ekspor Kopi Ke Timur Tengah dan Afrika

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) berkomitmen untuk meningkatkan ekspor komoditas kopi dan teh ke kawasan Timur Tengah dan Afrika. Kedua negara tersebut dinilai sangat potensial untuk pemasaran dua komoditas tersebut. Selain itu, hal tersebut juga didukung oleh produksi kopi dan teh yang stabil.

Timur Tengah dan Afrika menjadi pasar ekspor yang potensial sebab warga dikedua negara tersebut mempunyai tingkat mengkonsumsi kopi dan teh yang cukup tinggi. Seperti Maroko, warga dinegara tersebut sangat gemar minum teh dan kopi, dan dinegara tersebut tidak memiliki pohon kopi dan teh sehingga ini menjadi peluang yang perlu dimanfaatkan.

Oleh sebab itu, Pemprov Jabar akan mencoba menawarkan kopi dan teh. Tidak adanya pohon kopi dan teh bisa menjadi peluang besar untuk Jawa Barat ditambah dengan Jawa Barat merupakan Provinsi penghasil Teh terbesar di Indonesia. Produksi teh nasional, 70% berasal dari Jawa Barat.

Namun untuk kopi, Jawa Barat belum menjadi produsen kopi terbesar di Indonesia. Namun kualitas kopi Jawa Barat salah satu yang terbaik didunia. Untuk ekspor kopi Jabar cukup besar, namun saat ini Dinas Perkebunan setempat akan menggenjot produksi kopi agar bisa memenuhi kebutuhan ekspor.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*