Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / Joko Widodo : Jangan Terlalu Berharap Pada APBN Saja

Joko Widodo : Jangan Terlalu Berharap Pada APBN Saja

Presiden Jokowi mengatakan jika pemerintah tidak dapat tergantung terhadap APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) guna menggerakan roda perekonomian di Indonesia. APBN tidak dapat diandalkan guna menciptakan sebuah pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih baik.

Baginya, pertumbuhan ekonomi akan menjadi lebih baik seandainya investasi yang masuk ke dalam Indonesia juga banyak. Oleh sebab itu, pemerintah wajib mencari cara supaya swasta mampu menarik para investor ke Indonesia, terutama pada bidang infrastruktur yang mempunyai efek domino kuat bagi seluruh masyarakat.

“Sehingga benar-benar dengan menggerakan investasi ini, saya merasa yakin jika pertumbuhan ekonomi kita dapat meningkat. Jika hanya tergantung terhadap APBN, jangan terlalu banyak berharap.”ungkap Presiden Joko Widodo.

Untuk bisa membuat swasta tertarik untuk masuk ke dalam proyek infrastruktur, mantan dari Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan supaya para menteri jangah hanya memperlihatkan lokasi saja. Akan tetapi, pemerintah juga wajib mempersiapkan perencanaan sampai kalkuasi yang matang supaya para investor tidak hanya bisa meraba.

“Seandainya tertarik, dukungan terkait pengurusan izin, dukungan menjami kepastian usaha yang mereka miliki juga wajib mendapat pengawalan serta harus diikuti. Jika tidak ya nanti akan lepas.”tambah Presiden Jokowi.

Tidak hanya swasta, alternatif terkait permodalan untuk proyek infrastruktur juga bisa dilakukan dengan cara meningkatkan penyertaan modal secara langsung yang berasal dari lembaga pengelola dana pensiun maupun asuransi.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*