Home / Industri / Jokowi Desak BUMN Ikutkan Kontraktor Lokal Dalam Proyek

Jokowi Desak BUMN Ikutkan Kontraktor Lokal Dalam Proyek

Presiden Jokowi memintan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk tidak terlalu jemawa dengan menyelesaikan proyek sendiri, tanpa mengikut sertakan kontraktor lokal. Jokowi berpendapat, kontraktor pada daerah serta kecil wajib diikut sertakan supaya mereka dapat belajar menangani proyek-proyek besar.

Dia berkata jika perusahaan plat merah yang terdapat di Indonesia pada saat ini sudah sangat banyak. Mulai dari yang induk, anak perusahaan sampai cucu perusahaan. Jokowi berharap mereka untuk tetap berhati-hati, karena terbiasa melakukan seluruhnya sendiri dari hulu hingga ke hilir.

“Berikan porsi pada daerah, berikan porsi pada usaha-usaha kecil, kontraktor kecil serta menengah yang terdapat pada daerah tersebut.”ungkapnya, Rabu, 1 Februari 2017 ketika Sidang Kabinet Paripurna, Jakarta.

Tidak hanya itu saja, mantan dari Gubernur DKI Jakarta tersebut juga berharap proyek itu dikendalikan serta diawasi secara langsung pengerjaannya. Sehingga, kualitas pun dapat dijaga dengan sangat baik antara apa yang sudah direncanakan dengan pelaksanaan ketika di lapangan. Dia tidak ingin terjadi sebuah devasi atau penyimpangan pada sejumlah proyek itu.

“Jangan sampai nanti terjadi penyimpangan atau devasi. Ini wajib kita cegah mulai dari awal.”Tambahnya.

Mantan dari Walikota Solo tersebut juga menitipkan pesan itu pada seluruh pihak kementerian maupun Lembaga (K/L). Mengingat, biaya anggara belanja modal yang akan digelontorkan pada kementerian serta lembaga tidak berjumlah kecil.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*