Home / Industri / Kementan Dengan NU Jalin Kerja Sama Komoditas

Kementan Dengan NU Jalin Kerja Sama Komoditas

Kementerian Pertanian serta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama setuju bangun pertanian di beberapa daerah lewat organisasi dibawah ormas itu, seperti Fathayat, Muslimat, serta Ansor, dalam usaha menciptakan ketahanan serta swasembada pangan nasional.

“Komoditas yang bakal dikerjasamakan adalah komoditas pangan strategis, seperti jagung serta cabai. Apa saja komoditasnya tidak jadi masalah, bawangBOLEH, semuanya komoditas strategis kita, ” kata Amran dalam info tertulis yang di terima di Jakarta, Sabtu.

Kerja sama itu disepakti oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman dengan Ketua Umum ormas Islam paling besar di Indonesia itu KH Said Aqil Siroj.

Amran merangkul BNU untuk kerja sama pertanian mengingat efeknya sangatlah terasa di sementara beberapa waktu lalu berlangsung lonjakan harga beberapa komoditas di beberapa daerah.

Dia mencontohkan bagaimana harga cabai saat ini dapat stabil lantaran kerja sama pihak-pihak yang ikut serta dalam gerakan tanam cabai serta Lokasi Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang digalakkan awal tahun ini.

Disamping itu, pemimpin PBNU sendiri mengaku program pemerintah itu membawa akibat positif pada kesetabilan harga cabai sekarang ini.

Dampak positif itu malah menimbulkan kecemasan bila harga cabai Rp40. 000-Rp50. 000 di pasar, hingga harga malah meluncur ke bawah serta minta Kementan untuk mempersiapkan mesin pendingin untuk menyerap cabai yang ditanam orang-orang.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*