Home / LOGAM MULIA / EMAS / Kenaikan Harga Emas Kalah dari Perak

Kenaikan Harga Emas Kalah dari Perak

perakHarga emas global menguat tipis pada akhir pekan. Hal ini seiring dengan data sentimen konsumsi Amerika Serikat (AS) yang lebih baik dari ekspetasi.

Data sentimen konsumsi AS tercatat menguat pada Juni seiring optimistisnya kondisi pada Juni lalu, kendati terdampak musim dingin. Demikian dilansir dari Reuters, Sabtu (28/6/2014).

Stagnannya pasar saham dan melemahnya nilai dolar membuat pelaku pasar kembali melirik emas. Ditambah lagi dengan konflik geopolitik di Ukraina dan Irak yang semakin mendorong penguatan harga emas.

Dengan demikian, harga emas mengalami kenaikan hampir 3 persen pada kuartal kedua tahun ini. Walau begitu, kinerja emas masih berada di bawah kinerja logam-logam mulia lainnya.

Di mana harga perak sudah menguat sebanyak 7 persen pada periode tersebut. Platinum menguat 5 persen dan paladium naik sampai 9 persen.

Pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat, harga emas menguat 0,1 persen menjhadi USD1.318 per ounce. Tapi, harganya sempat menyentuh USD1.325, level tertinggi sejak pertengahan April. (okezone[dot]com])

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*