Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Ketidakpastian OPEC, Harga Minyak Merosot

Ketidakpastian OPEC, Harga Minyak Merosot

Pada perdagangan sebelumnya, Harga minyak mentah dunia melemah 4%. Hal tersebut karena terbawa ketidakpastian terhadap negara pengekspor minyak yang menunggu kesepakatan terhadap pemangkasan produksi minyak. Selain itu diskusi OPEC yang akan membahas tentang pasokan minyak juga menjadi perhatian bagi pelaku pasar. Harga minyak mentah berjangka Amerika WTI, melemah $ 1,90, atau 4 persen, pada $ 46,06 per barel. Harga minyak berjangka Brent di perdagangkan pada angka $ 47,02 atau mengalami penurunan $1,98 atau 4%.

Harga Minyak mentah berjangka terus menambah kerugian pasca Arab Saudi menyatakan tidak akan mengikuti diskusi dengan para produsen Non-Opec yang membahas pemangkasan Pasokan. Hampir serentak, aktifitas Minyak mengalami penurunan setelah liburan Thaksgiving AS dan menjelang akhir pekan.

Para pengekspor minyak OPEC Arab Saudi menyatakan kelompok produsen tidak akan mengikuti diskusi sehingga berimbas terhadap harga minyak yang mendapatkan tekanan. OPEC menjelaskan hal tersebu karena ingin lebih fokus pada Konsensus dan Organisasi.

Dalam diskusi tersebut berpotensi membahas kerja sama dengan anggota Non-OPEC seperti Rusia, Produsen terbesar di Dunia. namun masih belum ada kesepakatan dalam kelompok produsen untuk negara anggota yang akan di potong dan berapa banyak pemotongan yang akan dikenakan.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*