Home / Kopi / Lampung Barat Terus Genjot Produksi Kopi
informasi harga kopi di bulan mei 2017

Lampung Barat Terus Genjot Produksi Kopi

Pemerintah Kabupaten Lampung barat melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan terus berupaya untuk meningkatkan produksi kopi di daerah tersebut. hal ini karena tanaman kopi adalah program unggulan di bidang perkebunan di Wilayah tersebut. selain itu, Kopi juga menjadi komoditi utama untuk daerah tersebut, yang dimana hasil produksi kopi bisa di kirim ke berbagai daerah di Indonesia maupun di ekspor ke luar negeri.

Upaya peningkatan produktifitas kopi dilakukan dengan melakukan peremajaan tanaman melalui penyambungan, dengan cara tersebyt tanaman kopi terus mengalami peningkatan sejak lima tahun belakangan ini. Diharapkan setiap tahun produksi komoditi ini bisa terus mengalami peningkatan.

Melihat dari data produksi Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat, produksi kopi di daerah ini mencapai 57.664,5 ton biji kopi kering atau rata rata produktifitas mencapai 1.150kg biji kering per hektare (ha) di tahun 2016. Hasil tersebut merupakan hasil secara keseluruhan luas tanaman yaitu seluas 50.143 ha.

Sementara itu, produksi kopi arabika mencapai 2.9 ton dari luas tanaman 4 ha dengan produktifitas rata rata 730kg per hektare. Dan untuk produksi ditahun ini belum terlihat, sebab masih dalam masa panen. Diharapkan produksi kopi tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya

Jika melihat data produksi kopi di tahun 2016 memeprlihatkan ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya yaitu sebesar 9.5%. produksi kopi tahun 2015 mencapai 52.644,9 ton biji kering.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*