Home / LOGAM MULIA / EMAS / Mengenal Lebih Jauh Seputar Investasi Emas

Mengenal Lebih Jauh Seputar Investasi Emas

Emas merupakan jenis logam mulia yang sering dijadikan investasi. karena berinvestasi emas banyak memberikan keuntungan. emas termasuk jenis investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan. emas banyak memiliki keunggulan di banding investasi lain. Karena harga emas cendrung stabil dan juga meningkat setiap tahunnya. Pergerakan harga emas di Indonesia sangat berhubungan erat dengan nilai tukar US Dollar terhadap rupiah. Intinya, harga emas dinyatakan dalam satuan US dollar berdasarkan harga pasaran emas dunia yang berpusat di London Metal Exchange. Jadi apabila mata uang dollar menguat terhadap rupiah maka harga emas juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya.

Kondisi perekonomian suatu negara sangat berpengaruh terhadap perubahan harga di satu negara. Tingkat inflasi suatu negara dapat menjadi indikatornya. Tidak demikian dengan emas. Semakin tinggi laju inflasi akan semakin tinggi pula kenaikan harga emas. Jadi dapat dikatakan bahwa investasi emas merupakan sarana investasi anti atau tahan inflasi. berikut adalah jenis emas yang di jadikan bentuk investasi

Bermacam Jenis Investasi Emas

  • Emas perhiasan

Investasi emas dalam bentuk ini memiliki dua keunggulan sekaligus yaitu sebagai sarana investasi dan sebagai perhiasan yang dapat digunakan. Banyak masyarakat yang masih yakin bahwa investasi dalam bentuk emas akan memberikan keuntungan dan tingkat rasa aman yang lebih tinggi. Emas perhiasan merupakan bentuk investasi emas dasar yang yang sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu.

  • Emas batangan

Jenis investasi emas dalam bentuk batangan memberikan tingkat keuntungan dan dan rasa aman yang lebih tinggi. Investasi dan membeli emas batangan lebih terjamin karena akan diberikan sertifikat keaslian yang didalamnya memberikan informasi mengenai nomor id, berat, ukuran dan tingkat kadar emasnya.

  • Koin emas

Penerbitan koin emas akan mempermudah perencanaan jangka panjang keluarga yang ingin mencapai harapan seperti Naik Haji. Investasi koin emas juga dapat dihubungkan dengan koleksi barang-barang antik. Harga koin emas antic yang ditawarkan akan jauh lebih tinggi dibandingkan harga koin emas biasanya yang hanya dinilai berdasarkan tingkat kemurnian atau kadar karatnya.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

One comment

  1. Pak Jika kita Investasi Emas dan Tanah. Jika dikemudian hari kita ada masalah dan musibah mana yang paling cepat memebantu kita dari keduanya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*