Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Pembukaan Hari Ini Harga Minyak Naik Tipis

Pembukaan Hari Ini Harga Minyak Naik Tipis

Di dalam penutupan perdagangan Rabu (22/11), dikabarkan harga minyak WTI dan Brent mampu menanjak pelan usai adanya keyakinan kalau OPEC akan memperpanjang waktu pengurangan produksi minyak 1,8 juta bph dan akan disepakati semua negara termasuk juga Rusia.

Sebelum pertemuan tanggal 30 November di Wina yang diadakan OPEC dan negara anggota, kenaikan harga minyak kali ini bukanlah kenaikan signifikan. Bahasan rapat nanti memang dititik beratkan ke keputusan didalam memperpanjangan waktu komitmen sampai akhir 2018, karena batasan sebenarnya sampai Maret 2018, hal ini diungkapkan langsung Sekjen OPEC Mohammed Barkindo dalam akhir pekan ini.

Rusia memang masih saja meragukan adanya perpanjangan pemangkasan produksi minyak sepanjang 2018 nanti, tapi karena adanya produksi minyak ASA yang semakin bangkit, Rusia semakin meragukan kelangsungan harga minyak mentah dunia sehingga mereka mengikuti irama dari Arab Saudi didalam melakukan semua kebijakannya.

Barkindo memberikan pernyataan meski saat ini pasokan minyak AS semakin besar, tapi produksi minyak anggota OPEC sejauh ini semakin mengecil disamping meningginya permintaan dari pasar Asia dan Eropa sampai saat ini. Kedepan OPEC sangat yakin permintaan dan penawaran akan semakin semimbang dengan keputusan mereka nantinya.

Saat ini OPEC juga sudah menaikkan angka permintaan minyaknya sebesar 33,42 juta bph dan ini untuk memenuhi kuota tahun depan, sehingga OPEC selama tahun ini akan menaikkan pasokan sebesar 260 ribu bph.

Dengan adanya langkah ini harga minyak WTI (West Texas Intermediate) untuk pasokan November mampu menguat $0,07 (0,12%) ke level $56,49 / barel. Dan minyak jenis Brent untuk pasokan Desember dalam pasaran ICE Futures London juga mampu menguat $0,13 (0,21%) ke level $62,35 / barel.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*