Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Penguatan CPO Menunggu Suku Bunga The Fed

Penguatan CPO Menunggu Suku Bunga The Fed

Saat ini harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) sedang mengalami pelemahan selama beberapa pekan ini. Pelemahan harga CPO karena dipengaruhi oleh Sentimen Negatif dari pelaku pasar. Namun walaupun sedang melemah, Harga CPO memiliki peluang yang besar untuk bisa menguat. Salah satu sentimen positif yang akan mengangkat harga CPO adalah jika The Fed mulai menaikan suku bunga acuannya, sebagaimana seperti ekspetasi pelaku pasar.

Saat the Fed menaikan suku bunga acuan maka diprediksi Mata uang Malaysia Ringgit akan mengalami koreksi. Sebab biasanya saat Ringgit melemah terhadap Dollar AS maka harga CPO cenderung mengalami penguatan. Jika hal tersebut benar terjadi maka bisa dipastikan harga CPO bisa bergerak naik menuju level RM 2.960 per metrik ton. Jika tidak terjadi, maka harga CPO masih dipengaruhi oleh sentimen data ekspor serta pasokan dan masih berada pada area support level RM 2.700 per metrik ton.

Ditambah lagi dengan akhir Awal April produksi CPO di perkebunan Malaysia. Berakhirnya Elnino akan membuat produksi sawit akan kembali normal. Dan pada kuarta II, Harga CPO bisa kembali menguat karena dipengaruhi oleh produksi yang sudah kembali normal dan permintaan akan mengalami peningkatan.

Namun saat ini Harga CPO masih bergantung terhadap kebijakan The Fed. sampai akhir kuartal I kemungkinan CPO akan bertengger pada kisaran RM 2.800 per metrik ton. Dan akan mulai menaik pada kuarta ke II

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*