Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / KOMODITAS LAINNYA / Pertanian Indonesia Masih Terkendala Benih

Pertanian Indonesia Masih Terkendala Benih

Sektor pertanian Indonesia masih belum memberikan hasil yang maksimal. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah kekurangan benih berbagai tanaman pangan, baik secara kualitas atau kuantitas. Hal ini yang menghambat sektor pertanian di Indonesia.

Ketersediaan benih yang baik masih menjadi tantangan untuk sektor pertanian Indonesia, termasuk benih bawang putih yang sampai saat ini masih mengandalkan impor yang cukup besar yaitu sebesar 35%. Hal ini juga yang menjadi kendala disemua sektor pertanian yang dimana masih belum memiliki benih yang baik secara kualitas dan kuantitas.

Oleh sebab itu untuk bisa memenuhi kebutuhan benih bahan pangan sebagai langkah menuju swasembada pangan nasional, Kementerian Pertanian (Kemtan)  menunjuk para peneliti di Indonesia untuk bisa memproduksi benih tanaman pangan bagus akan didanai hingga selesai penelitiannya.

Kemtan meminta baik dari lembaga ataupun perguruan tinggi, Lembaga Penelitian (Litbang) ataupun lembaga lainnya untuk bisa memberikan pemikirannya dan hasil penelitiannya untuk tanaman pangan. Sehingga bisa memberikan produksi yang maksimal untuk hasil pangan nasional

Selain terkendala benih, sektor pertanian juga memiliki kendala dari banyaknya produk pertanian impor yang masuk ke Indonesia baik yang legal atau yang illegal. Sehingga ini menjadi tantangan yang berat. Namun Kemtan masih optimisi jika sektor pertanian bisa memberikan hasil yang maksimal

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*