Home / LOGAM MULIA / EMAS / Platinum lampaui emas, pertama kali sejak April

Platinum lampaui emas, pertama kali sejak April

gold-platinum-parity2Platinum melonjak ke level tertinggi tiga bulan, melampaui harga emas untuk pertama kalinya sejak April, setelah produsen terbesar dunia mengatakan akan memangkas produksi. Sementara Palladium mencapai level tertinggi 10 bulan dan emas naik.

Anglo American Platinum Ltd hari ini mengatakan akan siaga empat poros di Afrika Selatan, memangkas output seebsar 400.000 ons per tahun, setelah melakukan peninjauan operasinya. Pengurangan tersebut sama dengan hampir 7 persen dari total produksi global. Logam ini terutama digunakan dalam perangkat pengendalian polusi di mobil dan perhiasan, dan Barclays Plc memperkirakan bulan lalu bahwa pasokan akan mengalami penurunan permintaan sebesar 38.000 ons tahun ini.

Platinum berjangka untuk pengiriman April naik 2,3 persen menjadi $1.696,40 per ons di New York Mercantile Exchange setelah semoat menyentuh level $1.706,80, level tertinggi untuk kontrak paling aktif tersebut sejak 9 Oktober. Logam mulia ini meningkat 9,9 persen bulan ini, melebihi 9,8 persen kenaikan tahun lalu.

Sementara itu, emas berjangka untuk pengiriman Februari naik 0,6 persen menjadi $ ,680.20 per ons di Comex di New York. Emas menguat untuk hari kedua setelah Ketua Federal Reserve Ben S. Bernanke mengatakan kemarin bahwa sementara perekonomian menanggapi stimulus moneter masih ada “cukup cara untuk berjalan.”

Pada perdagangan logam lainnya, palladium berjangka untuk pengiriman Maret naik 1,6 persen menjadi $714,90 di Nymex, setelah mencapai harga $725, tertinggi sejak 29 Februari. Sementara perak berjangka untuk pengiriman Maret naik 0,5 persen menjadi $31,265 per ons di Comex.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*