Home / PERDAGANGAN / ANALISA & INVESTASI / Potensi Rebound Harga CPO Dalam Waktu Dekat
informasi harga minyak cpo mei 2017

Potensi Rebound Harga CPO Dalam Waktu Dekat

Selama dua hari terakhir terlihat kenaikan yang sangat signifikan dari harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO). Kenaikan harga CPO berimbas terhadap aksi teknikal yang mendorong koreksi harga CPO. Sebelumnya, harga komoditas ini sempat mengalami pelemahan selama tiga hari akibat pasar komoditas yang tertekan oleh pelaku pasar.

Pada perdagangan hari ini, harga CPO kontrak pengiriman Juli 2017 di Malaysia Derivative Exchange anjlok 0,74% ke level RM 2.529 per metrik ton jika dibandingkan pada perdagangan sebelumnya. Dalam sepekan ini harga CPO terlihat mengalami kenaikan sebesar 0.59%.

Akibat aksi profit taking yang dilakukan pelaku pasar setelah kenaikan harga yang cukup tajam membuat CPO mengalami tekanan teknikal beberapa hari terakhir. Bukan hanya itu, hal ini juga diakibatkan oleh Ringgit Malaysia yang menyentuh level tertingginya selama lima bulan terakhir. Penguatan mata uang Malaysia tentu akan berimbas terhadap harga minyak sawit yang semakin tertekan.

Selain itu juga, tingginya produksi membuat harga CPO masih dalam bayang bayang koreksi. Laporan produksi CPO Maret 2017 naik 16,3% menjadi 1,46 juta ton dibanding Februari 2017 lalu yang hanya 1,26 juta ton. Hal ini diakibatkan adanya kenaikan di 24 perkebunan sawit di Malaysia

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*