Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Produksi Karet PT Kirana Megatara Catat Kenaiakan

Produksi Karet PT Kirana Megatara Catat Kenaiakan

PT Kirana Megatara Tbk (KMTR) pada kuartal III tahun 2017 ini mencatatkan kenaikan volume produksi karet. Kenaikan produksi karet perusahaan pada Januari sampai September 2017 lebih dari 10%. Kenaikan produksi karet tersebut sejalan dengan harga karet yang terus membaik disepanjang tahun ini.

Produksi karet Kirana Megatara tercatat sekitar 400.000 ton. Angka ini sudah sesuai dengan target yang dipatok oleh perusahaan. kenaikan produksi karet ini didorong oleh perbaikan harga karet pada tahun ini. perbaikan harga ini berimbas kepada ketertarikan petani karet untuk terus melakukan produksi. Pada tahun lalu, saat kuartal pertama harga karet lemah sehingga produksi menurun

Saat ini harga karet sudah semakin membaik jika dibandingkan dengan tahun lalu, walaupun masih belum mencapai harga yang remunerative bagi petani kita. Harga karet saat ini berada dikisaran US$ 1,5 per kilogram (kg). sementara pada tahun lalu harga karet berada dikisaran US$ 1 per kg. namun harga remunerative karet berkisar diangka US$ 1,7 per kg.

Harga karet yang tinggi akan berdampak pada pendapatan petani karet. Tentu dengan pendapatan tersebut akan semakin meningkatkan minat menanam para petani karet sehingga keberlangsungan bahan baku akan terus terjaga.

Namun demikian, masih diperlukan campur tangan pemerintah untuk menjaga pertumbuhan industri karet. Hal tersebut bisa dilakukan dengan intensifikasi program peremajaan karet. Selain itu juga dapat dilakukan bantuan kredit kepada petani karet.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*