Home / PERDAGANGAN / BURSA KOMODITAS / Produksi Sawit Lokas Masih Minim, Tak Pengaruhi Biodiesel
harga sawit hari ini

Produksi Sawit Lokas Masih Minim, Tak Pengaruhi Biodiesel

Dipertengahan tahun 2017 ini, produksi minyak kelapa sawi dalam negeri masih belum minim dan belum maksimal. Produksi sawit yang masih minim ini terjadi ditengah permintaan minyak sawit yang semakin meningkat dipasar global. Akibatnya, stok sawit Indonesia berada di bawah 1 juta ton. Namun walaupun ada penurunan stok tapi diperkirakan tidak akan mempengarhi subsidi biodiesel dan ketersediaan minyak goreng.

Melihat data dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), adanya kenaikan nilai Ekspor CPO selama beberapa bulan di awal 2017 sudah mengikis stok minyak sawit menjadi 888.000 ton lagi. Kinerja ekspor sawit pada semester pertama 2017 mencapai 10.7 juta ton. Nilai ekspor mengalami lonjakan hingga 26% dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar 8,7 juta ton saja.

Dibulan April 2017, Ekspor sawit Indonesia mencatatkan kenaikan hingga 6% menjadi 2.68 juta ton dibandingkan bulan sebelumnya sekitar 2.53 juta ton. Kenaikan ekspor sawit ini karena semakin derasnya permintaan sawit dipasar global sehingga tidak bisa dipungkiri kebutuhan minyak sawit masih sangat tinggi

Harga CPO sejak Mei hingga Juni diperkirakan akan mengalami kenaikan. Pada bulan Mei, Harga CPO berada di kisaran US$ 695 – US$ 750 per metrik ton, maka pada bulan Juni harga CPO diperkirakan bisa bergerak di kisaran US$ 700 – US$ 750 per metrik ton.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*