Home / Uncategorized / Sentiment konsumen AS melemah di awal Januari

Sentiment konsumen AS melemah di awal Januari

UOMUniversitas Michigan dan Thomson Reuters melaporkan, indeks sentimen konsumen AS turun menjadi 71,3 menurut hasil survey awal untuk bulan Januari dari level 72,9 pada hasil survey di akhir Desember, data Jumat menunjukkan.

Ekonom dalam survei MarketWatch memperkirakan indeks di awal Januari berada di angka 74,2, dengan kekhawatiran berlarut mengenai masalah fiskal AS, seperti plafon utang. Penurunan di awal Januari mirip seperti kondisi pada bulan Desember, ketika konsumen khawatir tentang tebing fiskal.

Indeks sentimen, yang mencakup bagaimana konsumen memandang keuangan pribadi mereka serta kondisi bisnis dan pembelian, rata-rata sekitar 87 di tahun sebelum resesi terakhir. Para ekonom melihat data sentimen akan merasakan arah belanja konsumen.

Sesaat setela dirilisnya data tersebut, pound diperdagangkan cukup stabil terhadap dolar di level 1,5909 namun kemudian kontraksi dan terus merosot hingga saat ini terpantau berada di level 1,5882. Demikian juga dengan euro yang sempat diperdagangkan stabil dan bahkan sempat berada di level 1,3320 namun terus mengalami kontraksi hingga ke level 1,3305.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*