Home / Uncategorized / Stok Beras Jawa Timur Masih Aman Hingga Pertengahan 2017

Stok Beras Jawa Timur Masih Aman Hingga Pertengahan 2017

Ketersediaan Beras untuk Masyarakat Jawa Timur masih tercukupi hingga juli 2017. Saat ini stok beras masih tersedia 320.000 ton yang ada di sejumlah gudang milik Bulog di Jawa Timur. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Bulog Divre Jawa Timur, Witono mengatakan bahwa, stok beras untuk wilayah jawa timur masih sangat aman dan diperkirakan jumlah tersebut akan mengalami kenaikan pada masuk musim panen yang akan jatuh dibulan Februari hingga Maret 2017. Ia juga menambahkan untuk wilayah Jawa Timur rata rata pengadaan beras setiap harinya mencapai 1.800 ton. Ujarnya”

Menurutnya,  pengadaan beras yang masuk ke stok Bulog Jawa timur bukan hanya untuk kebutuhan warga diwilayah tersebut. Namun juga ikut di distribuskan ke provinsi lain terutama di luar pulau jawa seperti, NTT, Kalimantan Timurm Kalimantan Barat, Aceh, Dll. “Katanya”

Bulog Jatim memiliki peran yang sangat penting dalam pengadaan pangan nasional. Sebab Bulog Jatim memenuhi pangan nasional cukup besar yaitu 30% sampai 35% pengadaan pangan berasal dari Jawa timur. Sementara itu, kebutuhan beras masyarakat Jawa timur setiap bulan rata rata mencapai 42.000 ton yang sudah mencangkup Rastra, TNI dan Operasi Pasar (OP). menurut Bulog Jatim Pencapaian Pengadaan Beras di Jawa Timur selama 2016 sudah terealisasi sekitar 91% atau 766.000 ton.

Bulog Jatim sangat mengharapkan untuk tahun 2017 serapan beras petani akan lebih besar mengingat kondisi cuaca memang sangat berpihak untuk keberlangsungan panen.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*