Home / PERDAGANGAN / ANALISA & INVESTASI / Tahun 2016 Investor Tanam Dana Rp 9.1 Miliar di Sektor Perikanan
investasi-sektor-perikanan

Tahun 2016 Investor Tanam Dana Rp 9.1 Miliar di Sektor Perikanan

Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selama kurun waktu tahun 2016 total investasi yang masuk ke sektor perikanan di Indonesia sudah mencapai jumlah Rp 9.1 miliar. Dengan komposisi 69.65% atau sekitar Rp 6.37 miliar berasal dari investor dalam negeri dan 30.35% atau sekitar Rp 2.7 miliar berasal dari investor asing. Kini KKP terus berencana untuk meningkatkan sektor perikanan untuk tahun 2017 dengan melibatkan investor asing.

Menurut Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Nilanto Prabowo mengatakan bahwa salah satunya adalah PT Dua Putra Utama Makmur yang telah menyalurkan modalnya untuk pabrik pakan yang berada di Daerah Pati Jawa Tengah. Selain itu, ada juga perusahaan asal Rusia, Black Space yang sudah sepakat untuk menanamkan modalnya untuk pembangunan Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang menyebar di 10 lokasi di Indonesia dan sudah bersinergi dengan Perum Perindo. Ia juga menambahkan untuk tahun 2017, sudah banyak dari negara Asia yang akan masuk seperti Tiongkok, Korea, Jepang dan Thailand. “tegasnya”

Seperti diketahui, setelah terbitnya Aturan larangan usaha penangkapan ikan untuk kapal asing, Pemerintah terus berupaya membuka Pintu untuk bisa berinvestasi 100% kepada pihak asing di sektor pengolahan. Pada sebelumnya, Menteri KKP Susi Pudjiastuti meminta agar investor bisa menanamkan modalnya di 12 pulau terluar di Indonesia seperti, Sabang, Natuna dan daerah lainnya. Sehingga sektor perikanan bisa semakin tumbuh kembang.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*