Home / Kopi / Tertinggal dari Vietnam, Indonesia Genjot Produksi Kopi

Tertinggal dari Vietnam, Indonesia Genjot Produksi Kopi

Produksi kopi dalam negeri sejatinya masih cukup baik dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun hal tersebut tidak bisa membawa Indonesia berada dipuncak sebagai negara produsen kopi. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian berencana untuk menggenjot produksi kopi nasional. Sudah ada beberapa langkah yang dipersiapkan Kemtan.

Indonesia saat ini berada di posisi ke empat sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia.. Sebelumnya Indonesia berada di posisi ketiga. Oleh sebab itu, Kemtan sangat berambisi untuk memperbaiki peringkat tersebut, salah satunya adalah dengan memperbaiki kelembagaannya terlebih dahilu, lalu akses perbanknya diperbaiki sehingga nanti bisa meningkatkan produktifitasnya.

Agar bisa merealisasikan target tersebut, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melakukan pertemuan dengan 41 pengusaha kopi yang nantinya akan membahas akses perbankan, penyederhanaan hingga penyediaan setidaknya 11 juta bibi kopi untuk tahun 2018.

Produksi kopi Indonesia pe tahun nya sebanyak 700 ribuan ton dengan penghasilan 0.7 ton per hektare. Angka tersebut masih kalah dibandingkan dengan Vietnam yang sanggup menghasilkan 3 hingga 4 ton per hektare-nya.

Indonesia bisa menjadi negara penghasil kopi terbesar didunia sebab lahan yang dimiliki sama dengan Brazil yaitu sebesar 1.7 juta hektare, dan kini yang ditingkatkan yaitu produktifitas nya.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*