Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Harga Minyak Berfluktuasi Dampak Penurunan Stok Minyak AS

Harga Minyak Berfluktuasi Dampak Penurunan Stok Minyak AS

Sejak 24 November kemarin, stok minyak AS dikabarkan mengalami penurunan sekitar 3,4 juta barel, dan semua analis sama sekali tak membayangkannya. Dengan posisi ini harga minyak mengalami fluktuasi di hari ini, meski hari ini rapat OPEC tengah berlangsung. Semua pihak sangat optimis jika perpanjangan pemangkasan akan sampai akhir tahun 2018 nanti.

Didalam perdangan Kamis (30/11) pagi, harga minyak jenis WTI mampu menanjak pelan ke posisi US$ 57,37/barel atau naik 0,12% (0,07 poin) dalam rilisan New York Merchantile Exchange. Sedangkan harga minyak jenis Brent juga mengalami penguatan sebesar US$ 63,27/barel atau naik 0,25% (0,16 poin).

Laporan yang dirilis Energy Information Administration (IEA) didalam laporan mingguannya mengunggah kabar jika saat ini cadangan minyak mentah di kawasan AS juga tengah mengalami penurunan sebesar 3,4 juta barel. Penurunan terbanyak ada di jenis minyak NYMEX, yang berkiesar 2,9 juta barel sejak pekan lalu.

Kisaran tersebut juga sangat lebih besar dibandingkan perkiraan semua analis selepas mengutarakannya ke media Routters karena mereka hanya memperkirakan akan hanya turun sebesar 2,3 juta barel saja.

Analis memperkirakan jika jumlah penurunan ini sebagai dampak adanya kebocoran minyak di saluran Keystone dan upaya penanggulangannya dengan menutup sebagian pipa tersebut sejak 16 November. Saat itu minyak AS yang bocor dan terbuang sebesar 5.000 barel.

“Masalah stok minyak mentah memang sangat mendukung, ini sebagai dampak adanya penutupan pipa Keystone dan membuat minyak mengalami Cushing” ungkap John Kilduff, selaku partner at Energy Hedge Fund Again Capital LLC di New York.

Didalam pertemuan hari ini, diperkirakan akan berdampak naiknya angka produksi minyak AS dan akan membawa stok minyak AS mengalami output.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*