Home / LOGAM MULIA / PERAK & PLATINUM / Harga Platinum Manfaatkan Momentum Pelemahan Dollar AS
informasi harga platina terkini

Harga Platinum Manfaatkan Momentum Pelemahan Dollar AS

Harga platinum sudah terlihat mengalami pergerakan cukup positif. Harga platinum terpantau naik tipis memanfaatkan momentum pelemahan Dollar AS. namu di perkirakan, tren kenaikan platinum hanya terbatas dan hanya dalam jangka pendek.

Melihat data Bloomberg, harga platinum untuk pengiriman Juli 2017 di New York Mercantile Exchange menguat 0,36% ke level US$ 961,1 per ons troi dibanding sehari sebelumnya. Selama sepekan ini harga platinum terlihat naik tipis sekitar 2.1%

Harga platinum diprediksi hanya mengikuti tren jangka pendek. Pergerakan platinum memanfaatkan momentum melemahnya nilai tukar Dollar AS terhadap sejumlah mata uang. Selain itu, kondisi politik di Amerika yang melambat serta sektor tenaga kerja menjelang pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) menjadi beban bagi pergerakan the greenback. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh platinum untuk menguat.

Untuk jangka pendek, pelaku pasar akan mencermati hasil dari rapat FOMC yang akan dilaksanakan pertengahan bulan ini. Jika laju Dollar As semakin melemah makan harga platinum akan semakin menguat. Ditambah platinum juga mendapat dukungan dari kenaikan permintaan sebagai perhiasan.

Berdasarkan Platinum Guild International, harga jual platinum yang cukup rendah ditahun lalu berhasil menjadi pendorong naiknya permintaan platinum untuk perhiasan. Kenaikan permintaan berasal dari India sebanyak 11,4% dan AS sebesar 5,4%. Hal tersebut diprediksi berlanjut hingga tahun ini.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*