Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Penurunan Produksi Malaysia, Ikut Mendorong Harga CPO

Penurunan Produksi Malaysia, Ikut Mendorong Harga CPO

Pada awal pekan ini Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) masih berada dijalur positif. Hal tersebut karena ditopang penurunan produksi di Malaysia yang menjadi sentimen positif yang menguatkan harga. Pada Kamis (7/9) harga CPO berhasil menyentuh level tertinggi selama enam bulan. Menurunnya produksi sawit di Malaysia ditambah dengan melemahnya Kurs Ringgit ikut memberikan dorongan positif untuk CPO dalam negeri.

Melihat data Malaysian Palm Oil Board (MPOB), produksi minyak sawit Malaysia pada bulan Agustus turun 0.9% dibandingkan pada bulan sebelumnya menjadi 1.81 juta ton. pada periode yang sama ekspor juga dilaporkan naik 6.43% dan stok bertambah sekitar 8.79%.

Selain dari faktor produksi, penguatan CPO juga didorong oleh pelemahan mata uang Malaysia. Dollar As terpantau mengalami penguatan selama beberapa hari terakhir karena sudah meredanya ancaman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menghentikan pemerintahan. Hal tersebut ikut menekan sejumlah mata uang termasuk Ringgit. Ringgit melemah untuk pertama kalinya setelah sebelumnya menguat tajam selama empat hari berturut turut.

Harga CPO saat ini masih berada di angka RM 2.780 per ton. masih belum bisa melampaui level tertinggi pekan lalu pada harga RM 2.782 per ton. harga CPO masih berada dalam tren positif selama beberapa hari kedepan.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*