Home / PERDAGANGAN / INDUSTRI & EKONOMI / Setelah Beras, Kalimantan Siap Ekspor Lada ke Malaysia

Setelah Beras, Kalimantan Siap Ekspor Lada ke Malaysia

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kemtan) sukses mengekspor 25 ton beras ke Malaysia. Beras tersebut berasal dari Kalimantan. Kini Pemerintah melihat jika ada beberapa komoditas lain asal Indonesia yang sangat potensial untuk diekspor.

Ekspor komoditas akan dilakukan dari hasil produksi diperbatasan seperti di Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Nantinya pemerintah berencana untuk mengekspor komoditas lain selain beras, kini jagung juga menjadi incaran ekspor. Nantinya jagung akan ditanam diperbatasan lalu kemudian diekspor.

Kemtan menjelaskan jika saat ini sudah ada beberapa komoditas yang berhasil diekspor dari daerah perbatasan, yaitu bawang merah. Komoditas tersebut diekspor dari Kabupaten Malaka dan Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju Timor Leste.

Lalu ada juga ekspor beras dari Merauke ke Papua Nugini. Lalu sekarang dari Entikong ke Kabupaten Sanggau Malaysia, Dari Lingga ke Singapura. Jagung ekspor ke Filipina

Selain itu Kemtan juga kini mengincar ekspor lada ke Malaysia. Kalimantan Barat sudah lama dikenal sebagai salah satu daerah penghasil lada terbesar di Indonesia. Nantinya Kemtan akn memberikan gratis bibit lada kepada para petani, sehingga bisa mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan untuk menyiapkan bibit unggul lada agar memiliki produktivitas tinggi. Bukan hanya lada, pemerintah juga akan menyiapka bibit sawit, kakao, dan seterusnya. Sehingga sektor pertanian bisa memberikan kontribusi yang maksimal

 

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*