Home / PERDAGANGAN / ANALISA & INVESTASI / Sri Mulyani Berharap Pada Kinerja Ekspor Bisa Lebih Baik

Sri Mulyani Berharap Pada Kinerja Ekspor Bisa Lebih Baik

Sri Mulyani Indrawati selaku Menkeu (Menteri Keuangan) berharap terhadap kinerja ekspor Indonesia sepanjang tahun ini bisa membaik. Hal tersebut mengingat beberapa tahun belakangan kinerjanya menurun lantaran terjadinya gejolak yang telah terjadi pada perekonomian secara global.

Dia berkata jika pada tahun 2016, neraca dari ekspor masih tetap konsisten berada di bawah 0% atau berada di bawah zona positif. Secara umum, kinerja dari ekspor sepanjang tahun lalu mengalami kontraksi sebesar 1,7% lantaran permintaan global yang saat ini masih terus menurun.

“Informasi statistik terbaru memperlihatkan kuartal IV/2016 mengalami pertumbuhan berada di atas 0% akan tetapi, secara umum pada tahun 2016 mengalami kontraksi sekitar 1,7%. Hal ini memperlihatkan jika permintaan secara global masih sangat kecil.”ungkapnya, Rabu, 8 Februari 2017.

Dia berpendapat jika menurunnya kinerja dari ekspor Indonesia akan memberikan dampak pada kian menurunnya kinerja perekonomian di Indonesia. Oleh sebab itu, dirinya juga sangat berharap terhadap kinerja dari ekspor sepanjang tahun ini dapat lebih meningkat sehingga pertumbuhan dari ekonomi di Indonesia bisa terus membaik.

“Kami sangat berharap tahun 2017 terdapat rasa optimism yang jauh lebih baik dari lingkungan global agar di tahun 2017 pertumbuhan dapat 0,2%. Hal ini berarti momentum dari pertumbuhan positif di kuartal IV bisa dapat terus berjalan.”ungkap Sri Mulyani pada acara Mandiri Invesment Forum 2017.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*