Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Stok Minyak AS Pengaruhi Harga Minyak Global

Stok Minyak AS Pengaruhi Harga Minyak Global

Harga minyak global di pasar Amerika mengalami penguatan pada (27/9), setelah laporan stok minyak di Amerika dilaporkan turun melebihi perkiraan.

Mengutip laman CNBC, minyak berjangkan untuk periode pengiriman November di Nymex ditutup naik 26 sen menjadi US$ 52,14 per barel. Namun angka tersebut masih berada di bawah level tertinggi lima bulan. Sementara itu dipasar elektronik Asia, minyak melemah ke level US$ 52,12 per barel.

Departemen Energi Amerika Serikat melaporkan stok minyak mentah dalam sepekan yang berakhir pada 22 September turun 1,8 juta barel. Laporan tersebut melebihi ekspetasi analis yang memprediksikan akan ada kenaikan sebesar 3,4 juta barel.

Stok minyak menurun karena kilang minyak di sepanjang Teluk AS menggenjot produksi pasca-Badai Harvey bulan lalu. Penurunan stok minyak di AS membantu menurunkan kekhawatiran terkait kelebihan pasokan di pasar global.

Walaupun demikian, kenaikan dollar menuju level tertinggi dalam satu bulan membatasi laju harga minyak. Dollar terlihat tangguh setelah the Fed berencana akan menaikan suku bunga lagi pada tahun ini. Di sisi lain, produksi minyak AS tercatat masih naik menjadi 9,55 juta barel per hari dalam sepekan terakhir. Ditambah dengan ekspor yang mengalami peningkatan yang mencapai rekor mingguan yaitu 1,5 juta barel per hari.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*