Home / BAHAN BAKAR / Permintaan OPEC Tahun 2019 Relatif Rendah
informasi harga minyak dunia

Permintaan OPEC Tahun 2019 Relatif Rendah

Di tahun 2019 kedepan diprediksikan kalau permintaan OPEC soal kebutuha minyak mentah akan mengalami penurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dalam catatan permintaan hanya akan mencapai 33,10 juta barel dalam setiap harinya. Dengan bandingan tahun ini saja penurunan sudah nampak jelas sebesar 600.000 barel/hari. Padahal dalam perkiraan awal kebutuhan mereka bisa saja meningkat sebesar 33.70 juta barel ditahun 2018 nanti.

Hal tersebut memang didasari pemulihan harga minyak usai adanya pemangkasan produski dari semua negara anggota OPEC dan memicu adanya pertumbuhna harga output di negara non-OPEC. Maka dari itu penurunan besar akan terjadi di tempo 2 tahun kedepan nanti.

OPEC bersama anggotanya memang sudah memotong output di tahun 2017 ini dan langkah ini diambil setelah adanya pasokan berlebih, dengan tujuan harga akan mampu terangkat lagi setelahnya. Atas kenaikan harga beberapa waktu ini memang membaut adanya rebound pasokan dari negara non-OPEC.

Dalam laporan yang diunggah OPEC memang didalam tahun 2019 mendatang permintaan minyak mentah yang sudah mereka catatkan akan hanya di kisaran 33,10 juta barel saja, meski ditahun 2016 lalu mampu meningkat sebesar 32,70 barel/harinya.

Mohammad Barkindo selaku Sekjen OPEC memberikan pernyataan, jika adanya komitmen didalam penyesuaian produksi sangat mempengaruhi keseimbangan harga minyak ditahun ini. Karena tujuan OPEC kedepan memang untuk menaikkan pasokan minyak serpih asal Amerika Serikat.

“Pertumbuhan anggota non-OPEC didalam pengelolaan minyak jangka panjang memang sudah berubah jauh. Karena saat ini produksi minyak serpih AS sudah melebihi ekspektasi dari pertumbuhan tahun lalu.” ungkap Barkindo dalam unggahan Routers, Rabu(8/11).

Dalam pernyataan lainnya, OPEC juga akan mengatakan kalau adanya kendaraan listrik juga akan mempengaruhi permintaan minyak dari tahun ke tahun. Karena hal ini berampak ke prospek OPEC dijangka panjang.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*